Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning

Prasetiawan, Hardi and Aisah Turido, lis (2022) Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Klasikal Model Problem Based Learning. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Turido, Prasetiawan_Bimbinhan klasikal, layanan klasikal, problem Based learning, efikasi diri.pdf] Text
HASIL CEK_Turido, Prasetiawan_Bimbinhan klasikal, layanan klasikal, problem Based learning, efikasi diri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada
merupakan rangkaian "riset-tindakan" yang dilakukan dalam rangkaian untuk memecahkan masalah.
Penelitian ini mengkaji masalah efikasi diri dari peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan
tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal model problem BASED learning (PBL). penelitian ini
dilakukan di SMPN 26 Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 36 siswa
mengalami masalah dalam hal efikasi diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai
yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 49%, siklus I : 61 %, siklus II : 77%. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya
meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas VIII H SMPN 26 TANGERANG terdapat adanya peningkatan efikasi
diri peserta didik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:42
Last Modified: 18 Apr 2023 09:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42959

Actions (login required)

View Item View Item