Design of Real-Time Seismic Amplitude Measurement (RSAM) System Using Geophone as the Detection of Seismic Vibration

Hidayah, Qonitatul (2019) Design of Real-Time Seismic Amplitude Measurement (RSAM) System Using Geophone as the Detection of Seismic Vibration. Jurnal Migasian, 3 (2). pp. 21-24. ISSN e-ISSN 2615-6695

[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
HASIL CEK_QONITATUL HIDAYAH_DESIGN OF RSAM.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW] Text (PEER REVIEW)
PEER REVIEW_QONITATUL HIDAYAH_DESIGN REAL TIME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan gunungapi terbanyak di dunia. Indonesia memiliki 129 gunungapi aktif, 70 buah diantaranya berancaman dan 500 buah tidak aktif. Sejak tahun 1800, paling tidak telah tercatat 600 kali letusan oleh 70 gunungapi di Indonesia. Karena itu, Indonesia dapat dikatakan sebagai negara yang rawan bencana gunung berapi. Pengamatan, pemantauan, pencatatan, penyebaran informasi dan peringatan tanda bahaya terhadap aktivitas gunungapi menjadi salah satu fokus dalam penanggulangan bencana gunungapi. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan instrumentasi deteksi aktivitas vulkanik gunungapi. Salah satu instrumentasi yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung berapi Gunung Merapi adalah Real-time Seismic Amplitude Measurement (RSAM). RSAM adalah sistem pengukuran kontinu dari amplitudo seismik rata-rata absolut dari jumlah stasiun seismik. RSAM menempati peran strategis dalam memantau aktivitas seismik gunung berapi terutama pada saat krisis sebelum letusan. Dalam penelitian ini, perancangan sistem RSAM menggunakan sensor geophone untuk mendeteksi getaran seismik. Frekuensi tes yang diberikan dalam penelitian ini termasuk 10 Hz, 30 Hz, dan 50 Hz. Sistem yang telah dirancang bangun dapat mendeteksi frekuensi dengan baik sebagaimana dibuktikan bahwa semakin besar frekuensi uji maka semakin banyak output grafik yang dihasilkan. Selain itu, magnitudo yang dihasilkan juga semakin besar. Pada frekuensi 10 Hz, magnitudo yang dihasilkan adalah 0,997, pada 30 Hz magnitudo yang dihasilkan 1,559 sedangkan pada 50 Hz magnitudo yang dihasilkan adalah 1,962. Sistem RSAM yang dirancang bangun menghasilkan amplitudo yang memiliki hubungan linier dengan besarnya getaran sumber disediakan.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Geophone, RSAM, Getaran Seismik.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Physics (S1-Fisika)
Depositing User: Qonitatul Hidayah
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:44
Last Modified: 18 Apr 2023 09:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42963

Actions (login required)

View Item View Item