KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA

Prasetiawan, Hardi and Afni Zabila, Mariani (2022) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Zabila, Prasetiawan_Bimbingan, teknik sosiodrama, bimbingan, para siswa.pdf] Text
HASIL CEK_Zabila, Prasetiawan_Bimbingan, teknik sosiodrama, bimbingan, para siswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan terhadap layanan
bimbingan kelompok pada teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif melalui kajian literatur berupa jumal
ilmiah dan skripsi, sehingga dalam penelitian untuk menghasil.kan data tentunya tidak
membutuhkan sampel maupun populasi. Penelitian membahas mengenai kemampuan individu
dalam menerapkan interaksi di tengah lingkungan sosial, tentu membutuhkan penyesuaian diri
yang cukup baik, karena hal tersebut dapat mempermudah untuk beradaptasi dengan lingkungan
sekitamya. Biasanya para siswa sering kali memiliki kekhawatiran, kegaduhan, rasa gugup,
keringat dingin, gemetar, sehingga terdapat masalah dalam kejiwaannya. Adapun penggunaan
yang mana dapat meningkatkan adanyifenyesuaian diri bagi para siswa yang terbukti efektif
untuk dilakukan, yakni berupa bentuk layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelomik ini
merupakan salah satu bentuk layanan yang memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri. Dalam
adanya layanan bimbingan ini, juga terdapat sebuah teknik sosiodrama yang mana sesuai dalam
mempermudah para siswa dalam mengetahui dan memahami hubungan secara interpersonal.
Teknik sosiodrama dapat diartikan sebagai bentuk dari metode pembelajaran yang lebih fokus
terhadap permainan yang dapat menyelesaikan banyak permasalahan di lingkungan sekitar. Teknik
sosiodrama ini juga memiliki peluang dalam menelusuri potensi belajar yang dimiliki para siswa
dengan dikatikan pada persoalan-persoalan sosial. Maka dalam metode tersebut tentunya
berhubungan dengan interaksi sosial antara dua orang atau lebih. Bahkan sosiodrama tentu tidak
terlepas dari penerapan penyesuaian diri sendiri, teknik ini dapat dibentuk permainan karena telah
difungsikan untuk memaparkan perasaan, sikap, pola perilaku, dan nilai dari orang tersebut guna
bertujuan dalam menghayati perasaan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:44
Last Modified: 18 Apr 2023 09:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42964

Actions (login required)

View Item View Item