Widyaningrum, Trianik (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UAD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA KULIAH BIOLOGI DASAR II. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 151-156. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
Trianik Widyaningrum_Pend Biologi UAD.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa pen- didikan biologi UAD khususnya pada mata kuliah Biologi Dasar II melalui model belajar kelompok kooperatif tipe Jigsaw.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi semester 2 tahun ajaran
2014/2015 yang berjumlah 36 mahasiswa dengan jenis penelitian Tindakan kelas dengan langkah-
langkah perencanaan (plan), tindakan (do), dan refleksi (see). Keaktifan mahasiswa diamati den-
gan lembar observasi dan hasil belajar diamati dengan melakukan test.
Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa Kelas C pada Mata Kuliah Biologi Dasar II Tahun Ajaran
2014/2015. Pada akhir siklus II jumlah mahasiswa yang mencapai nilai di atas standar ketun- tasan belajar minimal atau memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari 70 adalah 33 siswa atau
91,6%.
Kata Kunci: Keaktifan, hasil belajar, Jigsaw
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 01:35 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4297 |
Actions (login required)
View Item |