Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme

Martaningsih, Sri Tutur (2023) Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6 (1). ISSN 2614-1620

[thumbnail of Funda-3 (1).pdf] Text
Funda-3 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsep merdeka belajar di Sekolah Dasar jika ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Metode penulisan yang digunakan yaitu kajian pustaka dengan pendekatan hermeneutik dalam mendeskripsikan dan menginterpretasi. Adapun hasil penelitin yang ditemukan yaitu konsep merdeka belajar di Sekolah Dasar memiliki kesesuaian dengan filsafat progresivisme yang mengharapkan pendidikan Indonesia lebih maju, lebih baik, dan berkualitas untuk memberikan kebermanfaatan terutama peserta didik. Progresivisme selama ini telah memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan untuk lebih maju. Progresivisme menekankan pada hal-hal dasar kemerdekaan dan kebebasan peserta didik. Kemerdekaan dan kebebasan yang dimaksud yaitu peserta didik diberikan keleluasaan dalam mengembangkan minat, bakat, maupun kompetensi yang dimiliki. Konsep dari merdeka belajar di Sekolah Dasar dengan filsafat progresivisme memberikan pandangan baru dalam pendidikan di Sekolah Dasar. Di Indonesia praktiknya merdeka belajar juga mengarah pada berkembangan sesuai minat dan bakat yang membentuk individu berkarakter

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih
Date Deposited: 19 May 2023 07:14
Last Modified: 19 May 2023 07:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/43148

Actions (login required)

View Item View Item