LAPORAN KERJA PRAKTIK PENGAWASAN PENERIMAAN DAN PENYIMPANAN BAHAN BAKU SEREAL TAWAR DI PT SERELIA PRIMA NUTRISIA, BANTUL, YOGYAKARTA

Wahyudi, Maulidya Eka (2022) LAPORAN KERJA PRAKTIK PENGAWASAN PENERIMAAN DAN PENYIMPANAN BAHAN BAKU SEREAL TAWAR DI PT SERELIA PRIMA NUTRISIA, BANTUL, YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1900033136_JUDUL.pdf] Text
KP_1900033136_JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of KP_1900033136_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1900033136_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengawasan bahan baku di PT Serelia Prima Nutrisia meliputi proses penerimaan bahan baku dan penyimpanan bahan baku. Pengawasan kedatangan dan pengecekan mutu bahan baku dilakukan untuk memastikan jumlah bahan baku yang datang dari supplier sesuai dengan jumlah yang telah diorder perusahaan serta sesuai standar kuantitas perusahaan. Penyimpanan bahan baku yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan fisik maupun kimia serta berkembangnya mikroorganisme serta memperpendek masa simpan bahan. Tujuan dari pelaksanaan kerja praktik ini ialah untuk mengevaluasi penerimaan dan penyimpanan bahan baku pada produk sereal tawar di PT Serelia Prima Nutrisia, Bantul, Yogyakarta.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengambilan data primer (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan pengambilan sekunder (studi pustaka). Kemudian dilakukan analisis pemecahan masalah berupa check sheet dan fishbone. Serta dengan membandingkan standar perusahaan dengan SNI 01-6057- 1999 mengenai syarat mutu pati garut.
Hasil menunjukkan bahwa syarat mutu bahan baku umbi garut yang ditetapkan PT Serelia Prima Nutrisia sudah sesuai SNI 01-6057-1999 dengan presentase sebesar 83,33%. Sedangkan bahan baku yang tidak sesuai standar perusahaan akan dikembalikan kepada supplier. Berdasarkan analisis proses penerimaan dan penyimpanan bahan baku belum sesuai SOP perusahaan dengan ketidaksesuaian sebesar 54,55%. Hasil analisis diagram fishbone menunjukan penyebab utama permasalahan buruknya kualitas bahan baku yang digunakan berasal dari manusia. Dapat disimpulkan bahwa bahan baku yang datang dilakukan penimbangan dan pengecekan mutu oleh QC dilanjutkan dengan penyimpanan bahan baku dengan memperhatikan kriteria penyimpanan masing- masing bahan baku meliputi suhu, waktu penyimpanan, ruangan dan posisi penyimpanan. Namun proses penerimaan dan penyimpanan bahan baku di PT Serelia Prima Nutrisia belum sesuai SOP. Faktor penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan proses penerimaan dan penyimpanan bahan baku dengan SOP PT Serelia Prima Nutrisia adalah faktor manusia. Hal tersebut dikarenakan petugas yang sering keluar-masuk gudang penyimpanan bahan baku yang menyebabkan suhu ruang tidak sesuai SOP, tidak dilakukannya pengisian check list dan check sheet oleh petugas QC dan kurangnya tenaga ahli.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Maulidya Eka Wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:49
Last Modified: 08 Jun 2023 01:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/43270

Actions (login required)

View Item View Item