IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGATASI MEMBOLOS PADA SISWA

Afniarti, Qori and Prasetiawan, Hardi IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGATASI MEMBOLOS PADA SISWA. SEMNAS PLP. ISSN 2964-1888

[thumbnail of HASIL CEK_Qori Afniarti, Hardi Prasetiawan_Bimbingan Kelompok, Membolos, Problem Solving.pdf] Text
HASIL CEK_Qori Afniarti, Hardi Prasetiawan_Bimbingan Kelompok, Membolos, Problem Solving.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini perilaku membolos masih sangat sering dilakukan oleh sebagian siswa di kalangan sekolah, baik di jenjang smp, sma bahkan perkuliahan. Penyebab siswa membolos dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri dan faktor eksternal dari luar diri yang mengikuti ajakan teman-temannya. Bersumber pada permasalahan tersebut, tujuan penulisan agar dapat diketahui dengan menggunakan bimbingan kelompok apakah dapat bermanfaat untuk mengatasi membolos pada siswa. Dengan menggunakan studi literatur untuk memperoleh informasi melalui kajian penelitian yang telah dilakukan, serta dengan membandingkan melalui beberapa artikel yang telah ditemui. Berdasarkan hasil penelitian Mogulescu dan Segal (Minarni, 2017), 75-85% kenakalan remaja dengan memiliki kebiasaan membolos. Hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak kebiasaan membolos di sekolah yang tinggi sehingga diperlukan adanya implementasi agar tidak lagi menjadi terlalu tinggi. Dengan adanya artikel ini, penulis berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat serta dipergunakan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi membolos pada siswa.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 12 Aug 2023 02:19
Last Modified: 12 Aug 2023 02:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/44383

Actions (login required)

View Item View Item