Analisis Kebutuhan Pengembangan LKM Berbasis Pembelajaran Problem Based Learning Materi Persaman Diferensial Eksak

Sumargiyani, Sumargiyani Analisis Kebutuhan Pengembangan LKM Berbasis Pembelajaran Problem Based Learning Materi Persaman Diferensial Eksak. [Artikel Dosen]

[thumbnail of prosiding sendikmat 2023.pdf] Text
prosiding sendikmat 2023.pdf

Download (292kB)

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi persamaan diferensial eksak. Jenis penelitian adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunkan metode ADDIE ( analyisis, design, develompement, implementation, evaluation). Peneliti membatasi penelitian ini pada tahap analysis pendahuluan untuk pengembangan LKM berdasarkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada materi persamaan diferensial eksak. Penelitian dilaksanakan di semester Gasal TA 2022/2023 dengan subyek penelitian mahasiswa Kelas C pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan. Data dikumpulkan melalui angket, dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan terkait analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis RPS, analisis konsep, serta analisis bahan ajar persamaan diferensial. Hasil dari analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa LKM untuk menunjang pembelajaran persamaan diferensial, (2) Sebagian mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran perlu dirubah dengan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, (3) Persamaan diferensial eksak ada pada RPS yang wajib diujikan dan diberikan di pertemuan ke empat, (4) Mahasiswa membutuhkan LKM yang berisi materi dan latihan soal dan soal – soal, dan (5) Mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa LKM yang lengkap, ringkas dan mudah digunakan untuk belajar.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Dra.,M.Pd. Sumargiyani Sumargiyani
Date Deposited: 12 Aug 2023 04:17
Last Modified: 12 Aug 2023 04:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/44514

Actions (login required)

View Item View Item