Analisis Kebutuhan Tenaga Kesehatan pada Instalasi Rekam Medis, Rumah Sakit X di Era Jaminan Kesehatan Nasional

Rosyidah, Rosyidah and Hastuti, Siti Kurnia Widi (2022) Analisis Kebutuhan Tenaga Kesehatan pada Instalasi Rekam Medis, Rumah Sakit X di Era Jaminan Kesehatan Nasional. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Hasil Cek_Rosyidah.pdf] Text
Hasil Cek_Rosyidah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai wujud nyata berperan serta mensukseskan program BPJS Kesehatan dalam pencapaian Universal Health Coverage, Muhammadiyah dengan Majlis Pembina Kesehatan Umum saat merealisasikan gerakan 1000 tempat tidur bagi pasien BPJS Kesehatan. Dalam merealisasikan 1000 TT tersebut, kesesuaian sumber daya tenaga kesehatan sangat dibutuhkan dalam pemenuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi pasien BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya RS dalam pemenuhan SDM tenaga kesehatan di era BPJS Kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan subjek secara Purposive. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala bagian SDM, staf SDM, dan kepala instalasi RS. Setelah dilakukan perhitungan terhadap standar beban kerja, maka diperoleh standar beban kerja untuk kegiatan koding berkas rawat inap (Entri data sosial, data tindakan dan waktu diagnosis) 13.020 dan kegiatan rawat jalan 39.060. Total dari seluruh standar beban kerja 52.080. Total kebutuhan petugas yang harus ditambahkan di bagian koding berkas rekam medis Rumah Sakit X adalah sebanyak 6 orang.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: M.Kes Rosyidah Rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2023 10:59
Last Modified: 12 Aug 2023 10:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/44719

Actions (login required)

View Item View Item