Eksplorasi Mikroalga Bernilai Ekonomi Tinggi Di Kawasan Mangrove Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta

Hutari, Andri and Suhendra, Suhendra and Nisaa, Ranti An and Agustin, Yeni and Ayunda, Khairunisa Aprilia (2022) Eksplorasi Mikroalga Bernilai Ekonomi Tinggi Di Kawasan Mangrove Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (3). pp. 662-672. ISSN p-ISSN: 2442-9481 ; e-ISSN: 2685-7332

[thumbnail of ARTIKEL_Suhendra_Potensi Ekonomi.pdf] Text
ARTIKEL_Suhendra_Potensi Ekonomi.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Suhendra_Potensi Ekonomi.pdf] Text
HASIL CEK_Suhendra_Potensi Ekonomi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan mangrove banyak dilaporkan sebagai tempat melimpahnya mikroalga penghasil omega-3 asam dokosaheksanoat (DHA) dan bahan bioaktif yang bernilai ekonomi tinggi lainnya dari genus Aurantiochytrium. Proses pencarian mikroalga tersebut telah dilakukan di kawasan mangrove pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada bulan April 2022 dan diidentifikasi di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. Tujuan penelitian ini merupakan bagian dari tujuan jangka panjang dalam mengoleksi strain atau isolat baru dari genus Aurantiochytrium dan anggota famili Thraustochytriidae lainnya dari hutan di mangrove Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengisolasi mikroalga dengan metode pure streaking dan mengidentifikasi secara morfologi. Penelitian ini berhasil memperoleh delapan isolat (UHA1, UHA3, UHA5, UHA6, UHA10, UHA11, UHA12, dan UHA13) yang secara penampakan koloni dan morfologi mikroskopik mengarah kepada spesies Aurantiochytrium sp. Salah satu isolat yang diperoleh (UHA12) dikultivasi secara batch culture selama lima hari dalam labu Erlenmeyer menggunakan medium glukosa, ekstrak yeast, dan air laut. Hasilnya adalah biomassa kering yang diperoleh hampir setara dengan strain Aurantiochytrium sp. ternama lainnya.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Aurantiochytrium sp., Economic Potential, Mangrove Area, Pari Island
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
T Technology > TP Chemical technology
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Dr.-Ing. Suhendra Suhendra
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:30
Last Modified: 15 Aug 2023 03:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/45258

Actions (login required)

View Item View Item