Hasil cek similarity paper PERAN PSIKOLOGI ORGANISASI DALAM PENGELOLAAN BOARDING SCHOOL (STUDI DI PON-PES ISLAM AL IMAN MUNTILAN)

Zuhaery, Muhammad and HASANAH, ENUNG and Badruddin, badruddin (2023) Hasil cek similarity paper PERAN PSIKOLOGI ORGANISASI DALAM PENGELOLAAN BOARDING SCHOOL (STUDI DI PON-PES ISLAM AL IMAN MUNTILAN). Al Tanzim (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam). (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_Peran Psikologi Organisasi.pdf] Text
HASIL CEK_Peran Psikologi Organisasi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of HASIL CEK_LOA Muhammad Zuhaery.pdf] Text
HASIL CEK_LOA Muhammad Zuhaery.pdf

Download (257kB)

Abstract

Abstrak
Organisasi pendidikan yang efektif merupakan tujuan yang diinginkan dalam konteks pendidikan yang berkualitas. Namun, untuk mencapai efektivitas tersebut, penting bagi organisasi pendidikan untuk memahami dan menerapkan aspek psikologis yang relevan. Artikel ini bertujuan untuk membahas peran psikologi organisasi dalam pengelolaan boarding school dengan mengambil studi kasus di Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan. Adapun pertanyaan penelitian yaitu bagaimana peran psikologi organisasi dalam pengelolaan Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi peran psikologi organisasi dalam pengelolaan boarding school dengan mengeksplorasi beberapa aspek psikologis yang penting. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data primer adalah melalui wawancara, dan metode pengumpulan data sekunder adalah studi kepustakaan, dokumentasi, dan internet. Analisis data dilakukan dengan melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian adalah bahwa peran psikologi organisasi dalam pengelolaan Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan yaitu meningkatkan motivasi siswa dan kinerja guru, membantu dalam efektivitas pengelolaan kelas, meningkatkan keterlibatan dan paritisipasi siswa, meningkatkan kesejahteraan siswa dan guru, membantu efektifitas kepemimpinan, pengelolaan konflik, dan komunikasi efektif.

Kata Kunci: psikologi organisasi, pengelolaan, boarding school.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: Dr Muhammad Zuhaery
Date Deposited: 16 Aug 2023 09:02
Last Modified: 16 Aug 2023 09:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/45568

Actions (login required)

View Item View Item