Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan

sumargiyani, sumargiyani Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan. [Artikel Dosen]

[thumbnail of balqis.pdf] Text
balqis.pdf

Download (232kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model
pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan
menganalisis kebutuhan LKPD Matematika yang berbasis PBL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
metode observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah guru
matematika dan 20 siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah
Banguntapan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan
bahwa siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaian masalah dan
kemampuan berpikir kritis yang rendah dikarenakan LKS yang
digunakan merupakan LKS yang tersedia dari pemerintah dalam makna
lain LKS tersebut bukan rancangan guru sehingga isi dari LKS tidak
sesuai dengan kebutuhan siswa dan tidak dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Diketahui juga bahwa model yang
digunakan selama proses belajar mengajar adalah model konvesional
yang focus utamanya adalah guru dan tidak melibatkan siswa secara
langsung. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa maka
diperlukan LKPD yang berbasis pada masalah (PBL) dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Dra.,M.Pd. Sumargiyani Sumargiyani
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:55
Last Modified: 16 Aug 2023 07:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/45715

Actions (login required)

View Item View Item