Pojok Baca sebagai Kegiatan untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Gamplong

Adi Putra, Winardi and Erviana, Vera Yuli and Dwi Pratiwi, Zulfiana (2023) Pojok Baca sebagai Kegiatan untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Gamplong. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Vera Yuli Erviana-Pojok Baca sebagai Kegiatan untuk Meningkatkan Budaya.pdf.pdf] Text
Vera Yuli Erviana-Pojok Baca sebagai Kegiatan untuk Meningkatkan Budaya.pdf.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan kegiatan pojok baca dalam rangka peningkatan budaya literasi di SD
Muhammadiyah Gamplong. Penelitian menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjabarkan data dan analisis yang ingin dilakukannya. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pojok baca berhasil meningkatkan 90% budaya literasi siswa dan mempengaruhi perkembangan kognitif dan efektif siswa. Namun penerapan pojok baca masih mengalami berbagai kendala seperti kurangnya koleksi buku, koleksi buku yang rusak, hingga masih butuhnya siswa terhadap bimbingan
dalam pemanfaatan pojok baca. Namun demikian, merupakan
kegiatan yang patut diapresiasi dan didukung oleh orang tua maupun wali murid sehingga menjadi salah satu program unggulan di SD Muhammadiyah Gamplong

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Pojok Baca, Budaya Literasi, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Vera Yuli Erviana
Date Deposited: 17 Aug 2023 12:37
Last Modified: 17 Aug 2023 12:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/46132

Actions (login required)

View Item View Item