Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Alat Musik Tradisional Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Gamplong Tahun 2022

Madya Palupi, Ratri and Erviana, Vera Yuli and Mardatillah, Bella (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Alat Musik Tradisional Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Gamplong Tahun 2022. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Vera Yuli Erviana-Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan.pdf.pdf] Text
Vera Yuli Erviana-Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan.pdf.pdf

Download (128kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu agar peneliti mengetahui dan
menyebutkan rencana pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan bermain angklung pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Gamplong. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan bermain angklung pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Gamplong. Artikel yang dibuat menggunakan metode observasi langsung ke SD Muhammadiyah Gamplong. Metode observasi lebih tepat digunakan untuk membuat artikel mengenai pembelajaran alat
musik di sekolah tersebut. Metode ini lebih efektif dilakukan agar didapatkannya informasi lebih mengenai pembelajaran seni musik di sekolah dasar. Hasil eksplorasi pada siklus utama selama 2 pertemuan dan pada siklus kedua dengan 2 pertemuan adalah untuk menentukan sejauh mana peningkatan kemampuan anak dalam mengembangkan lebih lanjut latihan memainkan alat musik konvensional. Peningkatan pembelajaran alat musik tradisional pada peserta didik bisa ditampilkan sebagai berikut: a. Klasifikasi kurang atau mulai berkreasi (MB) mengakibatkan penurunan keseluruhanpeserta didik dari normal 1 siswa pada siklus utama menjadi tidak ada anak pada siklus berikutnya (6,25%), b. Klasifikasi besar atau menurut asumsi (BSH) mengakibatkan penurunan jumlah siswa dari normal 7 anak pada siklus utama menjadi normal 4 anak pada siklus berikutnya (18,75%). normal 12 anak pada siklus II (kenaikan 18,75%)..

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Metode Demonstrasi, Alat Musik Tradisional, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Vera Yuli Erviana
Date Deposited: 17 Aug 2023 12:37
Last Modified: 17 Aug 2023 12:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/46136

Actions (login required)

View Item View Item