RESILIENSI KELUARGA KARYAWAN YANG MENGALAMI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Andesta, Radha RESILIENSI KELUARGA KARYAWAN YANG MENGALAMI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of SK Penguji Bimbingan Skripsi a.n. Radha Andesta.pdf] Text
SK Penguji Bimbingan Skripsi a.n. Radha Andesta.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap resiliensi keluarga karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat Covid-19 dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Informan penelitian ditetapkan melalui teknik Criterion sampling. Informan penelitian yaitu 2 keluarga terdiri dari suami, istri dan 1 anak. Data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan dan dianalisis menggunakan Analisis isi. Kredibilitas data penelitian diuji melalui teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan keluarga A mengalami kesulitan ekonomi karena suami keluarga A mengalami PHK. Keluarga A menunjukkan proses komunikasi yang terbuka sehingga antar anggota keluarga bekerja sama menyesuaikan diri dengan kondisi baru secara fleksibel. Suami A memutuskan menjadi tukang ojek dan buruh harian karena kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Pada keluarga B, PHK menyebabkan pertengkaran karena suami B memiliki komunikasi tertutup, tidak memiliki cadangan dana darurat dan memiliki hutang angsuran motor. Suami B mendapat pekerjaan baru sebagai penjaga kolam berkat bantuan temannya karena ia ramah dan pandai membangun relasi. Suami B juga berusaha lebih terbuka dan membangun sistem keyakinan yang kuat. Sedangkan faktor yang mempengaruhi resiliensi pada keluarga A adalah keterampilan dalam mengelola keuangan, kepribadian suami A yang tegas, gigih dalam bekerja. Faktor yang mempengaruhi resiliensi keluarga B adalah suami B yang ramah dan pandai membangun relasi sehingga mudah mengakses sumber daya sosial.

Kata Kunci: Karyawan, Pandemi Covid-19, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Resiliensi Keluarga.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dra., M.Si Mutingatu Sholichah
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:18
Last Modified: 18 Aug 2023 04:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/46543

Actions (login required)

View Item View Item