PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS X MIA SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Susanti, Susi and Prihatnani, Erlina and Ratu, Novisita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS X MIA SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 294-306. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Susi Susanti_UKSW.pdf]
Preview
Text
Susi Susanti_UKSW.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dalam materi persamaan kuadrat. Desain penelitian eksperimen semu adalah the randomize control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Kristen Satya Wacana Sa- latiga Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas X MIA 1 (24 siswa) sebagai kelas eksperimen yang di- ajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7Edan X MIA 2 (25 siswa) sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah normalitas dengan uji Shapiro Wilk, homogenitas dengan uji Levene dan uji beda rerata menggunakan Independent sample t-test. Se- luruh uji dilakukan dengan taraf signifikansi 5% dengan alat bantu perhitungan softwareSPSS v 20.0. Hasil analisis data pretest untuk uji beda rerata menghasilkan signifikansi sebesar 0,639 (lebih dari 0,05), artinya kondisi awal kemampuan pemecahan masalah dari kedua kelas seimbang. Hasil uji hipotesis Independent sample t-test dengan tipe equal variances assumed menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (kurang dari 0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang sig- nifikan antara rerata kedua kelas dan karena rata-rata kelas eksperimen (12,625) lebih tinggi dari kelas kontrol (10,334) maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle
7E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika bagi siswa kelas X MIA SMA Kristen
Satya Wacana Salatiga.

Kata Kunci: Learning Cycle 7E, kemampuan pemecahan masalah matematika, persamaan kuadrat

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:41
Last Modified: 27 Dec 2016 01:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item