MODEL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PTK BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH DIKOTA MAGELANG

Haryati, Sri (2015) MODEL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PTK BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH DIKOTA MAGELANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 550-558. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Sri Haryati_FKIP Untidar.pdf] Text
Sri Haryati_FKIP Untidar.pdf

Download (367kB)

Abstract

Berdasarkan hasil uji kompetensi guru pada tahun 2013, kompetensi guru di Indonesia rata- rata hanyalah 40,55.Sementara target minimal kelulusannya adalah 70. Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, telah melaksanakan pengembangan keprofesionalan guru berkelanjutan (PKB) namun hasilnya juga belum memuaskan. Melalui PKB para guru diharapkan mampu melaksana- kan publikasi ilmiah atas hasil penelitian, namun hanya 37% guru yang memahami PTK, oleh karenanya masih sangat sedikit yang mampu melaksanakannya. Salah satu penyebabnya adalah model pelatihan yang hanya menekankan pemahaman (berupa sosialisasi) dan penggunaan teknik pelatihan yang monoton (satu arah) serta dilaksanakan tanpa pendampingan.
Penelitian ini bertujuan menemukan model PKB bagi guru SMP/SMA/SMKse-Kota Ma- gelang melalui pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas berbasis pembelajaran ak- tif. Para peserta yang berjumlah 40 orang dilatih dan didampingi melaksanakan dan melaporkan PTK untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini selanjutnya dijadikan dasar untuk mengembangkan model keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan pembimbingan terpadu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis pembelajaran aktif. Produk yangdihasilkan adalah (1) 22laporan individual hasil PTK dari 25 peserta pelatihan, (2) 15 artikel yang di seminarkan, dan (3) 10 artikel yang dipublikasikan di majalah transfomatika FKIP Unti- dar dan majalah Inovasi LPPM-PMP Untidar. Mengingat model ini sangat efektif, peneliti akan melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru yang lain, dan berharap para pelatih menggunakan model ini.

Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Pelatihan PTK, Pembelajaran Ak- tif, Kompetensi Profesional.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:43
Last Modified: 27 Dec 2016 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item