DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR SEBAGAI ASSESMENT PERENCANAAN PROGRAM BK DI SD

Adiputra, Sofwan (2015) DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR SEBAGAI ASSESMENT PERENCANAAN PROGRAM BK DI SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 633-638. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Sofwan Adiputra_STKIP LAmpung.pdf] Text
Sofwan Adiputra_STKIP LAmpung.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada permasalahan tentang kesulitan belajar yang dialami siswa SD dan upaya pengembangan perencanaan program BK di SD. Jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan subjek menggunakanpurposive sampling. Lokasi penelitian berada di SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan metode dokumentasi.Untuk menguji kredibilitas data peneliti melaku- kan teknik member check, menggunakan bahan referensi, analisis kasus negatif dan triangulasi data. Untuk menganalisis data menggunakan Model Miles dan Huberman dengan melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa yang mengalami dyslexia dan auditory prosesing disorder (APD) sehingga perlu adanya perenca- naan program BK untuk membantu siswa SD mencapai kemandirian belajarnya.

Kata kunci: Diagnostik, kesulitan belajar, assesment.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:44
Last Modified: 27 Dec 2016 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item