MEMBANGUN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

Nurjanah, Siti and Karlimah, Karlimah (2015) MEMBANGUN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 515-520. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Siti Nurjanah_UPI.pdf] Text
Siti Nurjanah_UPI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Banyak guru sekolah dasar (SD) yang belum tahu bahwa siswa SD sangat penting memi- liki kemampuan koneksi matematika dalam mempelajari matematika, dan kemampuan koneksi matematika nya sangat rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh pembelajaran matematika yang dilaksanakan tanpa mengaktifkan siswa belajar dan belum mampu mengembangkan kemampuan koneksi matematika siswa. Padahal kemampuan koneksi matematika penting untuk mengetahui hubungan internal dan eksternal matematika. Oleh karena itu perlu menghindari dan menga- tasi kejadian serupa melalui pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan pemeca- han masalah. Selanjutnya diteliti, untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa melalui pembelajaran luas daerah segitiga menggunakan pendekatan pemeca- han masalah. Dengan demikian penelitian ini mendeskripsikan pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematika siswa SD pada materi luas daerah segitiga menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan nonequivalent control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD gugus II UPTD Tanjungjaya, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu dua SDN sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) dan observasi. Anali- sis data menggunakan SPSS versi 16,0 dan Microsoft excel versi 2010. Berdasarkan temuan dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggu- nakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Koneksi Matematika, Pendekatan Pemecahan Masalah

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:45
Last Modified: 27 Dec 2016 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item