Priyanti, Mega Meilina and Kuncoro, Agus (2015) BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR: SEBUAH KAJIAN AWAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 540-545. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Text
Mega Meilina_UNS.pdf Download (341kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan atau pertolongan yang diberi- kan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan memecahkan masalahnya sendiri. Memecah- kan masalahnya sendiri inilah yang cenderung kebanyakan orang beranggapan hanya mampu dilakukan oleh anak-anak yang sudah berusia lanjut (bukan siswa sekolah dasar). Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan kajian (sederhana) teoritis-empiris bimbingan dan konsel- ing di sekolah dasar. Tujuan kajian ini berupa: 1) Mengetahui ada atau tidaknya program bimb- ingan dan konseling serta metode atau model dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD,
2) mengetahui mampu atau tidaknya siswa SD dalam memecahkan masalahnya sendiri dengan didampingi oleh konselor. Kajian ini dilaksanakan dalam waktu 1 bulan. Tahap yang dilakukan berupa: (1) kajian teoritis tentang bimbingan dan konseling (khususnya sekolah dasar); (2) ob- servasi dan wawancara terhadap siswa dan seluruh stakeholder yang ada di sekolah dasar. Subjek kajian ini adalah siswa SD Negeri 2 Jogopaten Kebumen (yang merupakan salah sekolah mitra PGSD Kebumen FKIP UNS).
Kata kunci: bimbingan dan konseling, sekolah dasar, stakeholder.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 01:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 01:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4844 |
Actions (login required)
View Item |