Mujiyati, Mujiyati (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN CLIENT CENTERED. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 639-642. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Preview |
Text
Mujiyati_STKIP Lampung.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pemahaman mahasiswa yang dirasa kurang memahami tugas dan kewajibannya sebagai mahasiswa sehingga kemandirian dalam belajarnya sulit untuk berkembang. Oleh karena itu, melalui pendekatan client centered diharapkan maha- siswa mampu meningkatkan kemandirian belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Sampel penelitian adalah 10 mahasiswa program studi bimbingan dan konseling yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametris dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan cli- ent centered terhadap kemandirian belajar mahasiswa prodi bimbingan dan konseling, alasannya karena pendekatan client centered dapat melatih mahasiswa tentang cara mengambil suatu kepu- tusan, membantu mahasiswa dalam proses pertumbuhannya dan mengatasi masalah belajar yang dialaminya.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pendekatan Client Centered, Kemandirian Belajar
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 01:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 01:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4847 |
Actions (login required)
View Item |