PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN CLIENT CENTERED

Mujiyati, Mujiyati (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN CLIENT CENTERED. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 639-642. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Mujiyati_STKIP Lampung.pdf]
Preview
Text
Mujiyati_STKIP Lampung.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pemahaman mahasiswa yang dirasa kurang memahami tugas dan kewajibannya sebagai mahasiswa sehingga kemandirian dalam belajarnya sulit untuk berkembang. Oleh karena itu, melalui pendekatan client centered diharapkan maha- siswa mampu meningkatkan kemandirian belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Sampel penelitian adalah 10 mahasiswa program studi bimbingan dan konseling yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametris dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan cli- ent centered terhadap kemandirian belajar mahasiswa prodi bimbingan dan konseling, alasannya karena pendekatan client centered dapat melatih mahasiswa tentang cara mengambil suatu kepu- tusan, membantu mahasiswa dalam proses pertumbuhannya dan mengatasi masalah belajar yang dialaminya.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pendekatan Client Centered, Kemandirian Belajar

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:52
Last Modified: 27 Dec 2016 01:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item