ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PRODUK CARICA GEMILANG BERDASARKAN PARAMETER KADAR GULA DI CV. GEMILANG KENCANA WONOSOBO, JAWA TENGAH

Mardiyanti, Nurul (2022) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PRODUK CARICA GEMILANG BERDASARKAN PARAMETER KADAR GULA DI CV. GEMILANG KENCANA WONOSOBO, JAWA TENGAH. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_190003303_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_190003303_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of KP_1900033030_JUDUL.pdf] Text
KP_1900033030_JUDUL.pdf

Download (375kB)

Abstract

CV. Gemilang Kencana merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak dalam pengolahan pangan buah carica dalam bentuk sirup manisan ( carica in syrup) yang berdiri sejak tanggal 10 Oktober 2013, didirikan oleh bapak Alfa Gemilang S.Pd. Pada CV. Gemilang Kencana setiap harinya akan dilakukan quality control untuk mengontrol kualitas manisan carica yang diproduksi setiap harinya. Dalam setiap proses produksi, hal yang perlu dipahami adalah setiap produk ataupun jasa yang dihasilkan tidak akan 100% sama. Hal ini karena adanya variasi selama proses produksi berlangsung. Adanya variasi merupakan hal yang normal dan wajar, namun akan berpengaruh pada kualitas produk sehingga perlu dikendalikan. Maka tujuan dari dilakukan pengujian untuk menganalisis kadar gula dari manisan carica yang diproduksi tiap harinya apakah masih dalam keadaan terkontrol atau tidak
Dalam pengujian kadar gula ini menggunakan alat berupa refraktometer dan data yang telah didapatkan akan dianalisis menggunakan control chart yang kemudian akan dibandingkan dengan standar yang telah ditetap oleh perusahaan apakah telah sesuai atau tidak. Pengambilan data dilakukan selama 19 hari kerja dari tanggal 18 Maret- 9 April 2022 sehingga data yang digunakan merupakan data primer. Data yang telah dikumpulkan nantinya akan dilakukan perhitungan nilai UCL, LCL, CL dan standar deviasinya. Kemudian hasil dari perhitungan tersebut akan dibuat dalam bentuk grafik kendali, untuk dilakukan analisis.
Hasil menunjukkan bahwa ada Didapatkan 4 sampel produk yang berada di luar batas kendali mutu yaitu hari ke-1 (22.1 %Brix ), hari ke-6 (21.8 %Brix ), hari ke-9(18.3 %Brix)dan hari ke-13(22.0 %Brix). Jika dibandingkan dengan analisis menggunakan batas kendali atas (UCL) standar perusahaan, produk carica gemilang yang diproduksi pada tanggal 18 Maret- 9 april 2022 hanya didapatkan hanya 1 sampel yang melebihi batas kendali mutu yaitu pada hari ke- 1, sedangkan untuk yang lain masih dalam keadaan terkontrol. Adanya perbedaan kadar gula pada produk carica gemilang ini bisa jadi dikarenakan human error, dikarenakan pada saat memasukkan bahan utama yaitu gula masih menggunakan timbangan manual yang bisa saja terjadi kesahalan pada saat pembacaan berat dari bahan yang di timbahan tersebut.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Nurul Mardiyanti
Date Deposited: 23 Aug 2023 00:55
Last Modified: 23 Aug 2023 00:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/48990

Actions (login required)

View Item View Item