UPAYA PENINGKATANKETRAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIKADENGAN MENDAYAGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PGSD UNNES

Nugraheni, Nursiwi (2015) UPAYA PENINGKATANKETRAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIKADENGAN MENDAYAGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PGSD UNNES. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 434-437. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[thumbnail of Nursiwi Nugraheni_PGSD UNNES.pdf] Text
Nursiwi Nugraheni_PGSD UNNES.pdf

Download (319kB)

Abstract

Mahasiswa PGSD UNNES seringkali mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan ga- gasan matematika menggunakan istilah matematika. Sebagian besar merasa kesulitan dalam mem- bedakan permasalahan FPB dan KPK yang telah diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Mereka juga kesulitan membedakan istilah geometri antara segitiga dan daerah segitiga. Problem- based learning menuntut pebelajar untuk mendemonstrasikan apa yang telah mereka pelajari da- lam bentuk produk atau kinerja (performance). Melalui demonstrasi bentuk produk atau kinerja tersebut memungkinkan mahasiswa memiliki pengalaman mengkomunikasikan gagasannya yang secara bertahap membuat mahasiswa memiliki ketrampilan komunikasi matematika. Tulisan ini memaparkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi matematika dengan mendayagunakan problem based learning pada mahasiswa PGSD UNNES. Jenis peneli- tian ini adalah penelitian kualitatif. Komunikasi matematika yang diamati meliputi bahasa mate- matika, representasi matematika, dan kejelasan presentasi. Beberapa upaya yang dilakukan adalah mendampingi mahasiswa dalam merepresentasikan gagasan matematika dalam bentuk presentasi dan laporan. Pendampingan dilakukan secara simultan dan berkelompok. Keterbatasan kosakata istilah matematika diatasi dengan tugas bacaan matematika.

Kata kunci: komunikasi matematika, Problem Based Learning

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 27 Dec 2016 09:32
Last Modified: 27 Dec 2016 09:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4906

Actions (login required)

View Item View Item