Hariyani, Rini and Widodo, Hendro (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN MORAL DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 183-185. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Text
Rini Hariyani, Hendro_PGSD UAD.pdf Download (337kB) |
Abstract
Pendidik merupakan ujung tombak dan penanggungjawab pendidikan. Peran utama pen- didik adalah sebagai pelayan belajar, sebagai model dan petunjuk arah. Pendidik mempunyai peran penting dalam membentuk moral bangsa. Tetapi sistem pendidikan nasional justru diidentikkan dengan proses peningkatan kemampuan, keterampilan dan kecerdasan belaka. Sehingga orientasi pembelajaran lebih mengutamakan proses penguasaan materi dan nilai daripada pembentukan ke- pribadian. Akibatnya kondisi moral dan budi pekerti siswa masih memprihatinkan, hal ini dibuk- tikan dengan perilaku siswa yang kurang sopan dan tidak menghormati orang yang lebih tua atau guru. Selain itu, siswa cenderung mudah berkata kasar dan menjadi susah diatur. Perilaku- perilaku tersebut tentunya akan memicu timbulnya tindak kekerasan di kalangan siswa. Dikha- watirkan penurunan moral dan budi pekerti akan terus meningkat apabila tidak segera dilakukan penanganan yang tepat. Oleh karena, diperlukan metode penanaman moral dan budi pekerti yang terintegrasi dalam setiap mata pelajaran di Sekolah Dasar. Melalui penanaman moral dan budi pekerti yang terintegrasi dalam setiap mata pelajaran diharapkan mampu meminimalisir fenomena kekerasan di kalangan siswa.
Kata kunci: Pendidik, Integrasi pendidikan moral dan budi pekerti.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 09:35 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 09:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |