Satrianawati, Satrianawati and Herwati, Sri (2015) TRIK PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SEGITIGA AGAR TAK TERLIHAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 216-218. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2
Text
Satrianawati, Sri Herawati_PGSD UAD.pdf Download (311kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar yang terkesan abstrak dapat dibuat menjadi ses- uatu yang konkrit. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru sekolah dasar untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait dengan materi pelajaran. Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang menyenangkan juga ditakuti oleh para siswa yang memiliki kelemahan dalam menghitung angka-angka yang sifatnya abstrak. Salah satu materi dalam pembe- lajaran matematika adalah materi bangun datar. Materi bangun datar yang pertama kali dipelajari di sekolah dasar adalah segitiga. Materi bangun datar segitiga merupakan materi yang menarik karena selain menampilkan bidang datar segitiga dengan berbagai jenis dan ukuran, siswa dapat langsung membedakan jenis segitiga melalui bentuk segitiga yang diamati. Segitiga juga memiliki ukuran yang dinyatakan dengan angka-angka. Angka-angka yang sifatnya abstrak ini akan mem- buat siswa takut dan bahkan tidak tertarik untuk mempelajari bangun datar. Olehnya itu, diper- lukan trik pembelajaran agar pembelajaran matematika materi bangun datar segitiga tidak terlihat abstrak, sehingga siswa tertarik dan memiliki kesan dalam mempelajari matematika. Hal ini akan membuat retensi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dapat bertahan lebih lama.
Kata kunci: trik pembelajaran segitiga di SD
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 01:54 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 01:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |