ANALISIS DEFECT PACKAGING PADA PRODUK ROTI DI PT. SURYA TSABAT MANDIRI METRO, LAMPUNG

Mahendra, Abang (2023) ANALISIS DEFECT PACKAGING PADA PRODUK ROTI DI PT. SURYA TSABAT MANDIRI METRO, LAMPUNG. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of 116. 1900033132_ABANG MUHAMMAD WAHYU MAHENDRA - Wahyu Mahendra.pdf] Text
116. 1900033132_ABANG MUHAMMAD WAHYU MAHENDRA - Wahyu Mahendra.pdf

Download (5MB)

Abstract

PT. Surya Tsabat Mandiri merupakan salah satu industri pangan yang memproduksi roti dalam skala perdangangan nasional. Roti merupakan produk pangan berbahan dasar tepung terigu yang difermentasi dengan ragi dan diolah dengan cara dipanggang. Roti produk PT. Surya Tsabat Mandiri memiliki berbagai varian rasa seperti selai kacang hijau, selai coklat, selai kelapa yang merupakan salah satu produk yang disukai oleh banyak konsumen. Namun salah satu masalah yang terdapat pada produk roti di PT. Surya Tsabat Mandiri terletak pada masalah defect packaging. Hal ini bila terus menerus terjadi, dapat membuat kerugian baik perusahaan maupun konsumen. Oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi defect packaging dengan cara mencari berbagai faktor penyebab, jenis dan jumlah defect packaging. Tujuan dari kerja praktik ini yaitu menganalisis mengenai kemungkinan penyebab terjadinya defect packaging roti di PT. Surya Tsabat Mandiri.
Metode yang digunakan untuk menganalisis defect packaging yang terjadi pada produk roti di PT. Surya Tsabat Mandiri adalah metode statistical process control (SPC) yang melibatkan diagram pareto dan diagram fishbone . Metode ini digunakan untuk pengumpulan data dan analisa data untuk pemecahan masalah defect packaging sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadi permasalahan yang sama pada masalah yang akan datang.
Berdasarkan hasil analisis defect packaging menggunakan diagram pareto ditemukan bahwa ada tiga jenis defect packaging yang terjadi pada produk roti adalah iiregular pack shape, weak sealing, melt sealing. Pada penelitian kerja praktik dijumpai bahwa defect packaging jenis irregular pack shape dengan tingkat persentase terbesar yaitu sekitar 50%, jenis weak sealing tingkat persentase sebesar 31%, dan persentase terkecil dijumpai pada jenis defect packaging melt sealing dengan tingkat persentase sebesar 19%. Hasil analisis pada defect packaging dengan menggunakan diagram fishbone menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi defect pada proses packaging roti yaitu manusia, mesin, lingkungan dan meode. Tindakan perbaikan yang dapat dilakukan perusahaan adalah karyawan memberikan arahan dalam penggunaan mesin auto packaging dengan baik dan benar dibantu dengan maintenance.
Keyword : Defect packaging, SPC, irregular pack shape, weak sealing, melt sealing

Item Type: Laporan KP
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Abang Mahendra
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:19
Last Modified: 28 Aug 2023 01:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/49790

Actions (login required)

View Item View Item