SISTEM INFORMASI PENJUALAN TELUR PADA PETERNAKAN AYAM HANANIA ENDOK BERBASIS WEB

Ansory, Ansory and Cendana ZE, M. BobbyZal and Ananda Pamungkas, Rayinda and Nurwidianto, Afif and Syahri, Alfi and Adji Syabani, Fahrizal (2023) SISTEM INFORMASI PENJUALAN TELUR PADA PETERNAKAN AYAM HANANIA ENDOK BERBASIS WEB. [Laporan MTP] (Unpublished)

[thumbnail of ISI LAPORAN MTP.pdf] Text
ISI LAPORAN MTP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak. Telur merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dibutuhkan dan banyak dipakai oleh masyarakat. Banyak pedagang telur yang dapat dijumpai tempat perbelanjaan maupun di pinggir jalan. Salah satu toko telur yang dapat dijumpai adalah toko Hanania Endok yang berlokasi di Dusun Kangkung A, Kelurahan Ngeposari, Kec.Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sistem informasi penjualan memberikan dukungan penting dalam mengelola penjualan produk/jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Pada perusahaan Hanania Endok, terdapat sejumlah kendala dalam proses penjualan telur, terutama pada proses pembelian yang masih dilakukan secara manual, di mana pelanggan harus datang ke toko atau menghubungi melalui WhatsApp untuk melakukan transaksi pembelian. Pengembangan sistem penjualan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian telur secara langsung melalui sistem informasi penjualan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk datang ke toko secara fisik.
Pembuatan sistem penjualan ini melibatkan wawancara dengan mitra/klien untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam pengembangan sistem. Analisis proses penjualan yang ada digambarkan menggunakan Entity-Relationship Diagram (ERD) untuk mengilustrasikan hubungan antara entitas dalam sistem informasi penjualan. Desain fisik sistem informasi penjualan ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Berdasarkan desain input-output, proyek ini menguraikan sistem informasi penjualan berbasis web yang dapat memenuhi persyaratan perusahaan. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses pembelian telur.
Kata kunci: Telur, Website, Codeigniter 3

Item Type: Laporan MTP
Additional Information: Mangement Tugas Proyek MTP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: - Afif Nurwidianto
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:45
Last Modified: 06 Sep 2023 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/50054

Actions (login required)

View Item View Item