KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA

Zabila, Mariani and Prasetiawan, Hardi KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Zabila, Prasetiawan_Bimbingan, teknik sosiodrama, bimbingan, para siswa.pdf] Text
HASIL CEK_Zabila, Prasetiawan_Bimbingan, teknik sosiodrama, bimbingan, para siswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan terhadap layanan bimbingan kelompok pada teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif melalui kajian literatur berupa jumal ilmiah dan skripsi, sehingga dalam penelitian untuk menghasilkan data tentunya tidak membutuhkan sampel maupun populasi. Penelitian membahas mengenai kemampuan individu dalam menerapkan interaksi di tengah lingkungan sosial, tentu membutuhkan penyesuaian diri yang cukup baik, karena hal tersebut dapat mempermudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitamya. Biasanya para siswa sering kali memiliki kekhawatiran, kegaduhan, rasa gugup, keringat dingin, gemetar, sehingga terdapat masalah dalam kejiwaannya. Adapun penggunaan yang mana dapat meningkatkan adanya penyesuaian diri bagi para siswa yang terbukti efektif untuk dilakukan, yakni berupa bentuk layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok ini merupakan salah satu bentuk layanan yang memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri. Dalam adanya layanan bimbingan ini, juga terdapat sebuah teknik sosiodrama yang mana sesuai dalam mempermudah para siswa dalam mengetahui dan memahami hubungan secara interpersonal. Teknik sosiodrama dapat diartikan sebagai bentuk dari metode pembelajaran yang lebih fokus terhadap permainan yang dapat menyelesaikan banyak permasalahan di lingkungan sekitar. Teknik sosiodrama ini juga memiliki peluang dalam menelusuri potensi belajar yang dimiliki para siswa dengan dikatikan pada persoalan-persoalan sosial. Maka dalam metode tersebut tentunya berhubungan dengan interaksi sosial antara dua orang atau lebih. Bahkan sosiodrama tentu tidak terlepas dari penerapan penyesuaian diri sendiri, teknik ini dapat dibentuk permainan karena telah difungsikan untuk memaparkan perasaan, sikap, pola perilaku, dan nilai dari orang tersebut guna bertujuan dalam menghayati perasaan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:17
Last Modified: 29 Sep 2023 03:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/50492

Actions (login required)

View Item View Item