Peran pos kesehatan pesantren (poskestren) pasca pandemi di Pondok Pesantren Al’atsar Quranic Caturharjo, Pandak, Bantul.

yuniasih, Dewi and Widiana, Herlina Siwi and Suhendra, Suhendra and Dewanto Priyangga, Dandy and Elsania, Naufal and Purnama Adi, Bogi and Nurul Arrifqi, Faiyana (2022) Peran pos kesehatan pesantren (poskestren) pasca pandemi di Pondok Pesantren Al’atsar Quranic Caturharjo, Pandak, Bantul. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 11184-27212-1-PB (3).pdf] Text
11184-27212-1-PB (3).pdf

Download (384kB)

Abstract

ktivitas keagamaan di pesantren dan taman pendidikan al-quran yang dikelola kolektif warga masih berjalan dengan aktivitas tatap muka langsung (luring). Keinginan menyelenggarakan pendidikan agama sebagai landasan moral generasi masa depan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi hal yang dilematis. Selain itu meningkatnya angka penderita Covid-19 dapat menimbulkan gangguan kesehatan mental di antaranya berupa kecemasan dan depresi. Karenanya, perlu difikirkan upaya mempromosikan protokol kesehatan dan penerapannya untuk mendukung kondisi proses pembelajaran agama yang sehat dan nyaman di tempat-tempat tersebut. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, literasi kesehatan mental serta memberikan pendampingan pendirian Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Sebagai bentuk persiapan pendirian Poskestren, kami melakukan beberapa kegiatan yakni penyuluhan literasi kesehatan mental (24 Juli 2022), penyuluhan tentang Poskestren dan promosi Kesehatan (6 Agustus 2022), penyuluhan dan pelatihan P3K (7 Agustus 2022), pelatihan kader poskestren atau santri husada (7 Agustus 2022). Kegiatan PKM diakhiri dengan peresmian poskestren dan pelantikan santri husada (14 Agustus 2022). Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan terbukti meningkatkan pemahaman literasi kesehatan mental dilihat dari perbandingan nilai pre ttest dan post testnya. Selain itu, kegiatan pelatihan P3K juga telah meningkatkan peengetahuan dan keterampilan santri dalam hal pertolongan pertama pada kecelakaan. Tujuan kegiatan PKM ini tercapai dengan berdirinya Poskestren dan santri husada sebagai pengelolanya. Keberlanjutan program dilanjutkan selama 3 bulan sesudah peresmian poskestren.

Kata kunci: Covid-19, Poskestren, PHBS, Kesehatan mental, protokol kesehatan

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: Fakultas Kedokteran > S1 - Kedokteran
Depositing User: dr. Dewi Yuniasih
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:48
Last Modified: 30 Oct 2023 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51272

Actions (login required)

View Item View Item