Rizky Saputra, Muhammad (2021) Kinerja DPRD Kota Yogyakarta: Studi Pembentukan Peraturan Daerah Prakarsa DPRD 2019-2020. Kinerja DPRD Kota Yogyakarta: Studi Pembentukan Peraturan Daerah Prakarsa DPRD 2019-2020, 51 (1). pp. 46-55. ISSN 2598-604X
Text
Kinerja DPRD Kota Yogyakarta Studi Pembentukan Peraturan Daerah Prakarsa DPRD 2019-2020.pdf Download (220kB) |
|
Text
HASIL CEK Kinerja DPRD Kota Yogyakarta Studi Pembentukan Peraturan Daerah Prakarsa DPRD 2019-2020.pdf Download (2MB) |
Abstract
. Pelaksanaan pembentukan Peraturan Daerah yang berasal dari DPRD Kota Yogyakarta pada tahun 2019-2020 dinilai
belum optimal dalam kinerjanya mengusulkan Raperda, hal tersebut dibuktikan dengan jumlah Raperda pada tahun 2019-2020
atas prakarsa DPRD Kota Yogyakarta dinilai masih relatif rendah atau sedikit yang hanya mengusulkan 4 Raperda dibandingkan
dengan prakarsa eksekutif yang mengusulkan 15 Raperda. Selanjutnya, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Anggota DPRD
Kota Yogyakarta dalam melaksanakan fungsi pembentukan Peraturan Daerah yaitu kurangnya pengalaman berorganisasi anggota
DPRD Kota Yogyakarta, latar belakang pendidikan yang berbeda, dan masyarakat kurang antusias berpartisipasi dalam
pembentukan Peraturan Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi legislasi dan kinerja DPRD Kota Yogyakarta
dalam prakarsa pembentukan Peraturan Daerah berdasarkan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Yogyakarta Nomor
1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib dan bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Anggota DPRD Kota
Yogyakarta dalam melaksanakan Fungsi pembentukan Peraturan Daerah. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif
dan yuridis empiris.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Keyword: | Fungsi Legislasi; Prakarsa DPRD Kota Yogyakarta; Rancangan Peraturan Daerah. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Ms Anom Wahyu |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 06:02 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 06:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51922 |
Actions (login required)
View Item |