PENGUJIAN DAN ANALISA PEMBACAAN SENSOR ACCELEROMETER, GYROSCOPE, DAN MODUL GPS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER STM32F411 SEBAGAI IDE PENGEMBANGAN FLIGHT CONTROLLER DRONE

UNSPECIFIED (2023) PENGUJIAN DAN ANALISA PEMBACAAN SENSOR ACCELEROMETER, GYROSCOPE, DAN MODUL GPS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER STM32F411 SEBAGAI IDE PENGEMBANGAN FLIGHT CONTROLLER DRONE. [Laporan KP] (Submitted)

[thumbnail of Laporan KP Muhammad Maulidan FIX Pdf.pdf] Text
Laporan KP Muhammad Maulidan FIX Pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Drone merupakan tipe pesawat terbang tanpa awak atau biasa dikenal dengan istilah Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang beroperasi dengan sendirinya tanpa seorang pilot saat pesawat mengudara. Drone terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah multidrone atau multirotor. Salah satu multirotor yang berkembang saat ini adalah quadrotor atau quadcopter. Sistem penggerak pada quadcopter sendiri terdiri dari 4 buah motor yang tergabung dari sinkronisasi 2 buah motor yang berputar searah jarum jam dan 2 motor yang berputar berlawanan arah jarum jam. Kemampuan quadcopter ini didukung oleh komponen utama yang disebut sistem kendali atau flight controller.
Flight controller (Fc) adalah kumpulan dari berbagai komponen-komponen dan sensor yang berfungsi untuk menjaga drone tetap seimbang dan dapat terkendali (Setiawan, dkk, 2017). Flight controller membutuhkan komponen berupa mikrokontroller sebagai otak pengendali, sensor IMU untuk membaca perubahan altitude, sensor gyroscope untuk menjaga keseimbangan serta modul GPS untuk mengirimkan data lokasi drone. Pixhawk merupakan salah satu jenis flight controller yang sering digunakan, tetapi memiliki batasan pada sistem I/O sehingga sulit untuk dimodifikasi berdasarkan kebutuhan yang diinginkan. Selain itu, harga dari pixhawk sendiri terbilang cukup mahal apalagi untuk pengembangan drone yang bersifat non komersial. Keterbatasan ini memunculkan penelitian untuk merancang dan membuat flight controller secara mandiri.
Melalui program Praktik Kerja Lapangan di Pusat Teknologi Penerbangan BRIN penulis melaksanakan penelitian untuk melakukan pengujian dan analisa hasil pembacaan sensor accelerometer, gyroscope dan modul GPS menggunakan mikrokontroler STM32F411. Penelitian ini merupakan langkah awal untuk menguji seberapa layak mikrokontroler STM32F411 digunakan sebagai flight controller pada drone. STM32F411 adalah salah satu tipe dari mikrokontroler STM32 yang merupakan keluarga dari 32-bit sirkuit terpadu mikrokontroler oleh STMicroelectronics yang secara spesifik dikembangkan untuk aplikasi (Cortex-A), embedded (Cortex-M) dan real-time (Cortex-R). Mikrokontroler ini cocok untuk melakukan pekerjaan embedded karena mengombinasikan performa tinggi dengan peripheral kelas satu, yang membuat kinerjanya STM32 lebih unggul dibandingkan dengan Arduino.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Physics (S1-Fisika)
Depositing User: Muhammad Maulidan
Date Deposited: 11 Nov 2023 07:30
Last Modified: 11 Nov 2023 07:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51940

Actions (login required)

View Item View Item