Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Pakualaman

Adella, Shinta and Purnamasari, Alfi (2021) Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Pakualaman. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_Journal Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Pakualaman (1).pdf] Text
HASIL CEK_Journal Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Pakualaman (1).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jpsy165.org/ojs

Abstract

Tujuan terapi kelompok pada penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi untuk menurunkan kecemasan pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Pakualaman. Subjek dalam penelitian yaitu tujuh orang ibu hamil yang mengalami gangguan kecemasan dengan kategori sedang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan focus group discussion, serta secara kuantitatif dengan melakukan pre test menggunakan skala kecemasan kehamilan dengan hasil perhitungan Cronbach a = 0.896 sebanyak 28 aitem dan memiliki reliabilitas sebesar 0.896. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan hasil proses terapi yang dilakukan dan kuantitatif dengan melakukan post test. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya penurunan kecemasan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa subjek penelitian mampu menjadi lebih positif yaitu merasa lebih tenang dan nyaman dalam menjalani kehamilan dan menjadi optimis ketika akan menghadapi proses persalinan yang berpengaruh terhadap perilaku yang dirasakan seperti pusing berkurang dan dapat tidur dengan nyaman, sedangkan hasil kuantitatif menunujukkan adanya penurunan skor dan tingkat kecemasan yang dialami peserta antara sebelum dan sesudah mengikuti proses terapi kelompok dengan nilai z = -2.366 dengan signifikansi 0.018 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terapi kelompok dengan teknik relaksasi dapat menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Pakualaman.
Kata kunci: Kecemasan, Kehamilan, Teknik Relaksasi, Observasi, Kuantitatif.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:38
Last Modified: 13 Nov 2023 02:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51947

Actions (login required)

View Item View Item