INTERVENSI MODIFIKASI PERILAKU PADA ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN SIKAP MENENTANG DENGAN KONDISI KELUARGA YANG DISFUNGSIONAL

Azzara, Luthfia Fausta and Purnamasari, Alfi (2022) INTERVENSI MODIFIKASI PERILAKU PADA ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN SIKAP MENENTANG DENGAN KONDISI KELUARGA YANG DISFUNGSIONAL. LPPM UPI YPTK Padang. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_Intervensi modifikasi perilaku.pdf] Text
HASIL CEK_Intervensi modifikasi perilaku.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Keluarga yang disfungsional merupakan salah satu faktor yang dapat memicu anak mengalami gangguan perilaku sikap menentang. Gangguan ini ditandai dengan adanya perilaku menetang, ketidakpatuhan terhadap perintah, dan perilaku yang profokatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keberhasilan intervensi modifikasi perilaku pada anak yang mengalami gangguan perilaku sikap menentang dengan kondisi keluarga disfungsional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan single case pre test post test. Partisipan penelitian ini yaitu satu orang anak yang berusia 12 tahun dan mengalami gangguan perilaku sikap menentang. Teknik asesmen yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan alat tes psikologi untuk membantu peneliti dalam menuliskan gambaran dinamika psikologis. Peneliti menggunakan intervensi modifikasi perilaku untuk mengatasi gangguan perilaku sikap menentang pada anak, intervensi diberikan sebanyak 3 sesi dengan durasi kurang lebih selama 60 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi modifikasi perilaku tepat diberikan kepada anak yang mengalami gangguan perilaku sikap menentang dengan kondisi keluarga yang disfungsional.

Kata kunci: Modifikasi Perilaku, Anak, Gangguan Perilaku Menentang, Keluarga Disfungsional

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:36
Last Modified: 13 Nov 2023 02:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51962

Actions (login required)

View Item View Item