UPAYA MENUMBUHKAN PERSEPSI POSITIF TERHADAP GURU BK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

Candra, Mashuri and Santosa, Hardi and Biantoro, Yudi UPAYA MENUMBUHKAN PERSEPSI POSITIF TERHADAP GURU BK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL. Prosiding Pendidikan Profesi Guru.

[thumbnail of 6. Prosiding Seminar Nasional__PPG UAD.pdf] Text
6. Prosiding Seminar Nasional__PPG UAD.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of HASIL CEK_6. Prosiding Seminar Nasional.pdf] Text
HASIL CEK_6. Prosiding Seminar Nasional.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah meskipun sudah diakui sebagai profesi, namun masih ada persepsi negatif tentang bimbingan dan konseling. Salah satunya BK identik dengan tempat pembuangan sampah, karena banyak siswa yang dianggap bermasalah diarahkan ke guru BK. Langkah yang dapat menumbuhkan persepsi positif siswa terhadap guru BK adalah layanan bimbingan klasikal karena diberikan kepada siswa dalam jumlah satuan kelas. Dari kenyataan di atas, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dapat menumbuhkan persepsi positif terhadap guru BK di SMAN 2 Ngadirojo. Metode penelitian ini yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan konseling. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 2 Ngadirojo yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus (siklus I dan siklus II) dimana siklus I, 2 kali tindakan dan siklus II, 1 kali tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara dengan analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan 1 siklus I dengan persentase 41% dengan kriteria kurang berhasil, dan tindakan 2 dengan persentase 50% dengan kriteria cukup berhasil. Sedangkan pada siklus II diperoleh 81% dengan kriteria berhasil. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan klasikal dapat menumbuhkan persepsi positif siswa terhadap guru BK di SMAN 2 Ngadirojo.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: Dr.,M.Pd. Hardi Santosa
Date Deposited: 12 Nov 2023 23:30
Last Modified: 12 Nov 2023 23:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51975

Actions (login required)

View Item View Item