UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM: LITERATUR REVIEW

Ghufron, Moh and Santosa, Hardi and Sumiyem, Sumiyem (2022) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM: LITERATUR REVIEW. Jurnal Konseling Pendidikan Islami, 3 (2). ISSN 2655-9692

[thumbnail of 7. Jurnal Konseling Pendidikan Islam__SINTA 5.pdf] Text
7. Jurnal Konseling Pendidikan Islam__SINTA 5.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of HASIL CEK_7. Jurnal Konseling Pendidikan.pdf] Text
HASIL CEK_7. Jurnal Konseling Pendidikan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal memiliki tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan nasional. Mencapai tujuan tersebut tidak selalu berjalan dengan lancar karena penyelenggaraan pendidikan bukan suatu yang sederhana tetapi bersifat kompleks. Salah satu faktor yang berasal dari diri peserta didik yaitu Motivasi yang rendah. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pendidikan salah satunya dengan meningkatkan motivasi pada peserta didik. Bimbingan konseling memiliki berbagai layanan untuk siswa yang mengalami masalah dalam sekolah atau kegiatan belajarnya disekolah. Guru harus melakukan inovasi untuk tetap memberikan layanan sebaik mungkin. Sedangkan layanan bimbingan konseling dibagi menjadi empat layanan yakni layanan bimbingan klasikal bimbingan kelompok, konseling kelompok dan layanan konseling individu. Layanan klasikal adalah layanan yang diberikan guru bimbingan konseling kepada siswa dalam jumlah satuan kelas atau bisa diartikan sebagai suatu layanan bimbingan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada sejumlah peserta didik dalam satuan kelas yang dilaksanakan di ruang kelas. Layanan ini juga dapat digunakan menggunakan media tertentu. Dan dengan layanan ini waktu yang digunakan lebih efisien dalam memotivasi siswa dalam hal belajar. Penelitian tindakan kelas ini merupakan studi literatur review dimana peneliti melaksanakan pengkajian terhadap penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yaitu setelah pemberian layanan bimbingan klasikal berbasis audio visual menjadi kategori sangat tinggi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Dr.,M.Pd. Hardi Santosa
Date Deposited: 12 Nov 2023 23:30
Last Modified: 12 Nov 2023 23:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51976

Actions (login required)

View Item View Item