COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI PIKIRAN NEGATIF PADA INDIVIDU DENGAN EPISODE DEPRESIF BERAT TANPA GEJALA PSIKOTIK

Isnaini, Irma and Purnamasari, Alfi (2022) COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI PIKIRAN NEGATIF PADA INDIVIDU DENGAN EPISODE DEPRESIF BERAT TANPA GEJALA PSIKOTIK. The Journal Publishing. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_CBT untuk mereduksi pikiran negatif.pdf] Text
HASIL CEK_CBT untuk mereduksi pikiran negatif.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan intervensi pada seorang mahasiswa (P/ 21 tahun) yang mengalami gangguan episode depresif berat tanpa gejala psikotik berdasarkan asesmen psikologi (observasi, wawancara, WAIS, HTP, DAP, BAUM, SSCT) dan skala BDI-II. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan single case experimental-design. Analisis data dilakukan dengan mengintegrasikan hasil asesmen untuk menegakkan diagnosis dan dasar penentuan intervensi. Cognitive behavior therapy diberikan kepada subjek dalam empat sesi intervensi melalui teknik mind over mood dengan target mengubah distorsi kognitif. Hasil intervensi menunjukkan bahwa subjek mampu melakukan restrukturisasi kognitif dengan memunculkan alternatif pikiran yang lebih positif dan mampu mereduksi perasaan-perasaan negatif. Hasil lainnya subjek mampu mengembangkan coping yang lebih adaptif, mengurangi afek depresif, dan skor depresi pada subjek mengalami penurunan meskipun tidak berubah kategorisasi.

Kata kunci: cognitive behavior therapy, depresi, mind over mood.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:26
Last Modified: 13 Nov 2023 02:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/51996

Actions (login required)

View Item View Item