Kemampuan Problem Solving Mahasiswa yang Tinggal di Yogyakarta Berdasarkan Analisis Skor Lokasi W (Whole Response) dalam Tes Rorscach

Purnamasari, Alfi (2020) Kemampuan Problem Solving Mahasiswa yang Tinggal di Yogyakarta Berdasarkan Analisis Skor Lokasi W (Whole Response) dalam Tes Rorscach. Universitas Ahmad Dahlan. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_Dyadic coping..pdf] Text
HASIL CEK_Dyadic coping..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan problem solving pada mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa, yang terdiri dari 59 mahasiswa perempuan dan 41 mahasiswa laki-laki. Alat ukur yang digunakan adalah Tes Rorschach. Indikasi yang digunakan adalah apabila persentase skor lokasi W (whole response) sebesar 20-30% maka subjek memiliki kemampuan problem solving yang baik. Jika persentase skor lokasi W (whole response) kurang dari 20% atau lebih dari 30 persen maka subjek memiliki kemampuan problem solving yang kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26% subjek yang memiliki skor lokasi W (whole response) dalam prosentase optimum (20-30%), sebanyak 45% memiliki prosentase di bawah 20%, serta 29% memiliki persentase di atas 30%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar yaitu sebanyak 74% mahasiswa yang tinggal di Yogyakarta masih memiliki kemampuan problem solving yang rendah, sementara hanya sebanyak 26% mahasiswa memiliki kemampuan problem solving yang tinggi.
Kata Kunci : Problem Solving, Skor Lokasi, Tes Rorschach, Whole Response

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:09
Last Modified: 13 Nov 2023 02:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52015

Actions (login required)

View Item View Item