Peran Lembaga Ombudsman DIY dalam Pengawasan Pelayanan Publik pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pergub DIY Nomor 69 Tahun 2014

UNSPECIFIED (2021) Peran Lembaga Ombudsman DIY dalam Pengawasan Pelayanan Publik pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pergub DIY Nomor 69 Tahun 2014. In: Prosiding Webinar Nasional Hukum Administrasi Negara Tema: “Pembaruan Hukum Administrasi Negara di Era Birokrasi Digital”.

[thumbnail of Prosiding Webinar Nasional HAN FH UII 2021 (2).pdf] Text
Prosiding Webinar Nasional HAN FH UII 2021 (2).pdf

Download (16MB)
[thumbnail of HASIL CEK_Prosiding Webinar Nasional (1) (1).pdf] Text
HASIL CEK_Prosiding Webinar Nasional (1) (1).pdf

Download (121MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Lembaga Ombudsman DIY Dalam Pengawasan Pelayanan Publik
Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pergub DIY Nomor 69 Tahun 2014 dan untuk mengetahui upaya yang
dapat dilakukan oleh Lembaga Ombudsman dalam melakukan pengawasan pelayanan publik selama masa pandemi
covid-19. Jenis Peneliltian ini adalah penelitian yuridis empiris, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan
kualitatif yaitu mengumpulkan data-data informasi kemudian diolah untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan Peranan Lembaga Ombudsman DIY Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid19 Berdasarkan Pergub DIY Nomor 69 Tahun 2014 pelayanan dilakukan secara daring karena ombudsman sebagai
lembaga yang independen sebagaimana yang disebutkan dalam Pasal 5, dan dalam Pasal 8 Pergub DIY Nomor 69
tahun 2014 tersebut menjelaskan bahwa ombudsman dapat melakukan tugasnya dengan membentuk suatu program
kerja yang dilahirkan dari penelitian atau observasi yang dilakukan atas kondisi-kondisi publik saat ini. Namun belum
efektif dilaksanakan karena melakukan layanan konsultasi dan laporan pengaduan yang dialihkan melalui daring
tersebut. Upaya yang telah dilakukan oleh Lembaga Ombudsman yaitu dengan mengoptimalisasikan layanan
pengawasan pelayanan publik melalui layanan daring, seperti di media sosial, serta sosialisasi dan berkoordinasi dengan
pihak dinas terkait, selain itu Lembaga Ombudsman DIY dapat melakukan kerjasma dengan kelurahan sebagaimana
yang dimaksud dalam Pasal 8 Pergub DIY Nomor 69 tahun 2014 tersebut pada ketentuan poin b menjelaskan bahwa
“Kerjasama Lembaga” untuk dapat menyebarluaskan informasi penanganan masalah yang lembaga ombudsman
lakukan saat ini di masa pandemi.
Kata Kunci : Lembaga Ombud

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: Lembaga Ombudsman, Pelayanan Publik, Peraturan Gubernur, Pandemi Covid-19.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Ms Anom Wahyu
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:26
Last Modified: 13 Nov 2023 04:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52056

Actions (login required)

View Item View Item