Dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa

Lestari, Baiq Safitri and Purnamasari, Alfi (2022) Dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan. (Submitted)

[thumbnail of Dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping.pdf] Text
Dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping.pdf

Download (262kB)

Abstract

Salah satu masalah kesehatan terbesar yang memiliki dampak pada kinerja akademik dalam lingkup pendidikan tinggi adalah stres akademik. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa mengetahui faktor apa saja yang dapat dioptimalkan agar dapat mengatasi stres akademik yang dialami untuk meminimalisir dampaknya terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping terhadap stres akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 83 mahasiswa Psikologi semester 7 di Universitas XX di Yogyakarta. Selanjutnya alat yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari skala stres akademik, skala dukungan sosial teman sebaya, dan skala problem focused coping. Hasil analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap stres akademik (R=0,402, F, 7,689, p=0,001). Dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping memberikan sumbangan efektif sebesar 16% terhadap stres akademik. Selain itu, secara parsial hasil analisis juga menunjukkan dukungan sosial teman sebaya memiliki pengaruh negatif yang sangat signifikan terhadap stres akademik (β=-0,283, t=-2,728 p=0,008,), begitupula problem focus coping memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap stres akademik (β=-0,241, t=-2,316, p=0,023). Dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 9,169% terhadap stres akademik, dan problem focused coping memberikan sumbangan efektif sebesar 6,941% terhadap stres akademik. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ataupun secara parsial, dukungan sosial teman sebaya dan problem focused coping memiliki pengaruh terhadap stres akademik mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:10
Last Modified: 13 Nov 2023 04:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52057

Actions (login required)

View Item View Item