Purnamasari, Alfi and Widuri, Erlina Listyanti and Mulyani, Siti (2019) Pelatihan komunikasi empatik bagi guru-guru SMP Muhammadiyah se-PDM Bantul. Universitas Ahmad Dahlan. (Submitted)
Text
Hasil Cek_Pelatihan komunikasi empatik.docx (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelatihan komunikasi empatik bertujuan untuk membekali para guru agar memiliki kemampuan komunikasi empatik yang tinggi. Secara umum materi dalam pelatihan ini meliputi pemahaman tentang definisi dan pentingnya komunikasi empatik, mengenal dampak komunikasi interpersonal yang destruktif serta mempraktekkan cara berkomunikasi yang empati supaya mampu membina pola komunikasi yang baik dengan siswa maupun guru yang lain. Pelatihan komunikasi empatik dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2019 selama 7 jam dan bertempat di Gedung PDM Bantul yang dihadiri oleh 17 orang guru SMP Muhammadiyah Se-PDM Bantul. Pelatihan Komunikasi Empatik dilaksanakan dalam 3 sesi, yaitu Sesi I Pengertian dan Pentingnya Komunikasi Empatik, Sesi II Komunikasi Terapeutik serta Sesi III Role Playing Komunikasi Empatik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada setelah mendapatkan materi pelatihan pada sesi role play, seluruh peserta sudah dapat memainkan peran sebagai guru yang berkomunikasi dengan menerapkan teknik-teknik empatik yaitu mau mendengarkan orang lain saat menyatakan pendapat, mendengar aktif dengan cara menanggapi baik secara verbal maupun non verbal, menujukkan sikap empati pada orang lain serta menegur orang lain dengan cara yang sopan. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Komunikasi Empatik efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi empatik pada guru.
Kata kunci : Guru, Komunikasi Empatik, Pelatihan
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | Alfi Purnamasari |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:27 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52059 |
Actions (login required)
View Item |