Buku Ajar Psikologi Belajar

Yuzarion, Yuzarion and Hidayah, Nurul and Fahkruddiana, Fuaddah Buku Ajar Psikologi Belajar. Jivaloka Mahacipta.

[thumbnail of HASIL CEK_(59)_NASKAH_PSIKOLOGI_BELAJAR_[final]_C.pdf] Text
HASIL CEK_(59)_NASKAH_PSIKOLOGI_BELAJAR_[final]_C.pdf

Download (19MB)

Abstract

Buku ini merupakan hasil dari observasi yang dilakukan penulis selama mengajar mata kuliah Psikologi Belajar. Kajian dalam buku menggambarkan secara deskriptif tentang studi Psikologi Belajar sebagai sebuah disiplin ilmu. Karakteristik materinya diupayakan disusun secara sederhana supaya buku ini dapat melakukan fungsinya dengan baik, guna mengantarkan pembaca memasuki ranah keilmuan terkait dengan studi Psikologi Belajar.

Psikologi Belajar merupakan disiplin ilmu yang mencoba menelisik dimensi psikologi yang berbasis karakter manusia sebagai makhluk pembelajar. Di dalamnya mencoba menyusuri konsepsi kejiwaan manusia yang bersumber, khususnya pada pelbagai tradisi; barat dan timur. Juga pelbagai tradisi di zaman klasik. Psikologi Belajar berupaya menemukan dan merumuskan konsep-konsep kunci dalam disiplin ilmu psikologi, khususnya psikologi yang muncul dalam tradisi Barat dan tradisi Timur.

Terdapat banyak konsepsi dan pelbagai rumusan ide, setelah kami telurusi dengan cermat dan penuh perhatian, bahwa di dalam pelbagai tradisi, khususnya khususnya tradisi Barat dan Timur, banyak tersebar pelbagai rumusan konseptual perihal disiplin ilmu Psikologi Belajar. Tentunya, dengan istilah yang berbeda, namun secara konseptual terdapat benang merah yang bisa dikomparasikan antara pelbagai tradisi di dalam merumuskan apa itu yang disebut sebagai ilmu Psikologi Belajar.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Yuzarion Yuzarion
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:32
Last Modified: 14 Nov 2023 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52133

Actions (login required)

View Item View Item