RELAKSASI UNTUK MENGATASI STRES SEHARI-HARI PADA LANSIA

Makwa, Dedek Jannatul and Hidayati, Erny (2019) RELAKSASI UNTUK MENGATASI STRES SEHARI-HARI PADA LANSIA. Prosiding Temilnas XI IPPI, - (-). pp. 112-120. ISSN 978-60274420-7-8

[thumbnail of 10__Prosiding_Relaksasi_untuk_mengatasi_____1__doc.pdf] Text
10__Prosiding_Relaksasi_untuk_mengatasi_____1__doc.pdf

Download (2MB)

Abstract

A B S T R A K
Stres pada lansia muncul karena berbagai masalah dan peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari- harinya, salah satunya adalah masalah tempat dimana mereka tinggal. Sebagian besar lansia memilih tinggal dengan anggota keluarga karena terjadinya penurunan fungsi-fungsi fisik dan kognitif yang mendukung lansia untuk hidup secara mandiri. Di sisi lain, kondisi lansia yang memilih tinggal dengan anggota keluarga terkadang menjadi stressor bagi lansia.
Metode asesmen yang digunakan adalah wawancara individual, FGD dan pengukuran tingkat stres pada lansia menggunakan alat ukur DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scale 42). Partisipan intervensi berjumlah 10 orang, 3 orang berjenis kelamin laki-laki dan 7 orang berjenis kelamin perempuan. Stres yang dialami oleh lansia berhubungan dengan interaksi dengan anggota keluarga tempat lansia tinggal. Stres yang dialami peserta menyebabkan reaksi fisik dan psikis yaitu tekanan darah naik, kepala sering pusing, peningkatan detak jantung, ketegangan otot, sulit tidur dan mudah marah.
Intervensi yang diberikan berupa relaksasi pernafasan, relaksasi otot dan relaksasi imagery. Hasil intervensi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres sebelum dan sesudah pemberian relaksasi dengan nilai Z= -2.816 dan signifikansi p = 0.005 (p<0.05) menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan lembar evaluasi intervensi, subjek menyatakan bahwa relaksasi yang diberikan membuat tubuh terasa nyaman, reaksi fisik akibat stres berkurang, serta berkurangnya emosi-emosi negatif.
Kata Kunci: Lansia, relaksasi, stres.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Erny Hidayati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:27
Last Modified: 15 Nov 2023 02:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52145

Actions (login required)

View Item View Item