Pengaruh Teknik Relaksasi Deep Breathing dan Terapi Suportif untuk Menurunkan Kecemasan pada Siswa dan Siswi

Atika, Yulinda Rahma and Purnamasari, Alfi (2023) Pengaruh Teknik Relaksasi Deep Breathing dan Terapi Suportif untuk Menurunkan Kecemasan pada Siswa dan Siswi. STKIO Yapis Dompu. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_PSY_Pengaruh_teknik_relaksasi_deep_breathing.pdf] Text
HASIL CEK_PSY_Pengaruh_teknik_relaksasi_deep_breathing.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perlakuan orang tua yang kaku juga dapat menyebabkan remaja merasa tertekan dan
terikat. Keadaan tersebut dapat menimbulkan kegelisahan dan rasa tidak enak, sehingga anak akan mengalami kecemasan. Kecemasan adalah perasaan takut yang tidak jelas dan tidak didukung oleh situasi, individu yang merasa cemas akan merasa tidak nyaman dan takut, namun tidak mengetahui alasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik relaksasi deep breathing dan terapi suportif untuk menurunkan kecemasan pada siswa dan siswi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah Pre-Eksperimental Design dengan model desain One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 orang siswa dan siswi yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan, yang diperoleh dari hasil screening terapi kelompok denggan menggunakan alat ukur psikologi Depression Anxiety and Stress Scale (DASS-21). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara awal individu, Focussed Group Discussion (FGD), pre dan post test menggunakan Depression Anxiety and Stress Scale (DASS-21). Hasil dari perolehan data pre dan post-test menggunakan uji Wilcoxon Mann Whitney, dengan perolehan nilai Z = -2.214 dengan signifikansi p=0,027 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kecemasan yang dialami oleh peserta sebelum dan setelah mengikuti terapi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik relaksasi deep breathing dan terapi suportif dapat menurunkan kecemasan pada siswa dan siswi.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:38
Last Modified: 15 Nov 2023 02:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52149

Actions (login required)

View Item View Item