PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS PADA KELOMPOK B TK MASJID YASMIN

Muharyati, Lina and Purnamasari, Alfi and Hayuningtyas, Fajar (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BARANG BEKAS PADA KELOMPOK B TK MASJID YASMIN. Universitas Ahmad Dahlan. (Submitted)

[thumbnail of HASIL CEK_PSY_Peningkatan_kemampuan_berhitung.pdf] Text
HASIL CEK_PSY_Peningkatan_kemampuan_berhitung.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak perlu dikembangkan sejak dini. Media barang bekas merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran konsep bilangan. Hasil observasi di TK Masjid Yasmin, Kotagede, Yogyakarta, ditemukan sebagian besar anak belum sepenuhnya berkembang kemampuan kognitifnya, anak hanya mampu menghafal angka namun tidak dapat mengenal lambang bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media barang bekas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yaitu anak kelas B TK Masjid yasmin yang berjumlah 5 anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi di setiap siklusnya. Pada tahap pengamatan tindakan dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung oleh peneliti yang juga berperan sebagai guru kelas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses Pemanfaatan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak di TK Masjid Yasmin dilaksanakan dengan langkah-langkah pembuatan media, yaitu penggunaan media barang-barang bekas. Kemudian pada pertemuan selanjutnya anak diajak bermain dengan menggunakan media barang bekas yang dihitung sesuai yang jumlahnya disesuaikan dengan kartu angka ataupun kocokan angka. Hasil penelitian pada siklus 1 kemampuan kognitif anak mencapai 35% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada siklus 2 skor keseluruhan Kemampuan Berhitung Anak sebesar 55% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), kemampuan berhitung anak meningkat pada siklus III meningkat menjadi 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikatakan bahwa media barang-barang bekas seperti botol plastik, kardus bekas, sedotan, dan tutup botol dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif; Media Barang Bekas; Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Alfi Purnamasari
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:39
Last Modified: 15 Nov 2023 02:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52151

Actions (login required)

View Item View Item