Barokah, Amalia Laili and Marini, Diny Sri and Widuri, Erlina Listyanti and Hidayati, Erny (2023) Pengaruh Psikodukasi Keluarga Harmonis Terhadap Resiliensi Keluarga. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan dan Konseling Islam, 6 (1). pp. 109-119. ISSN 2685-8509; p-ISSN. 2685-5453
Text
Pengaruh Program Psikoedukasi Keluarga Harmonis Terhadap Resiliensi Keluarga.pdf Download (265kB) |
Abstract
Resiliensi keluarga adalah keberfungsian keluarga sebagai suatu sistem dalam menghadapi kesulitan. Keluarga dianggap mampu melewati kondisi sulit bersama dan setiap anggota keluarga memiliki peran dalam melewati kondisi tersebut Setiap keluarga tentu memiliki masa sulit masing-masing, terlebih ketika pandemi COVID-19 melanda. Studi mengenai resiliensi keluarga ketika pandemi COVID-19 cukup banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya, tak terkecuali dengan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh program psikoedukasi “Keluarga Harmonis� terhadap resiliensi keluarga. Program psikoedukasi “Keluarga Harmonis� ini dilakukan selama 3 minggu dan diikuti oleh 27 keluarga sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan dari program psikoedukasi “Keluarga Harmonis� terhadap peningkatan resiliensi keluarga. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa program psikoedukasi “Keluarga Harmonis� memiliki pengaruh positif terhadap resiliensi keluarga diterima. Hal tersebut diketahui dari hasil analisis yang diperoleh, yaitu sebesar nilai t=6.578 dan probabilitas sebesar 0,000 (p0,005).
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Erny Hidayati |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52207 |
Actions (login required)
View Item |