ISMIRADEWI, ISMI and Purnamasari, Alfi and Rahma, Annisa Nur (2021) SCHOOL WELL-BEING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN PERUNDUNGAN DI PESANTREN. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Semarang.
Text
HASIL CEK_School Wel-being.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kasus perundungan kerap menyita perhatian dunia pendidikan terutama pada ranah pesantren, yang memiliki pola interaksi yang kompleks antara santri dengan lingkungannya. Kondisi di pesantren berpotensi memunculkan sikap senioritas dalam lingkungan pesantren yang pada akhirnya menimbulkan perilaku perundungan. Riset ini bertujuan mengetahui school well-being dan dukungan sosial dengan kecenderungan perundungan di pesantren. Metode riset ini adalah riset dengan teknik analisis data analisis multi-regresi. Hasil riset menunjukan: (1) Ada hubungan siginifikan antara school well-being dan dukungan sosial dengan kecenderungan perundungan, koefisien regresi (R) sebesar 0,383 dan p=0,013 (p<0,05). (2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara school well-being dengan kecenderungan perundungan dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,298 dan p=0,024 (p<0,05). (3) Tidak ada hubungan antara dukungan sosial dengan kecenderungan perundungan. Berdasarkan hasil riset dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis mayor menunjukan ada hubungan yang signifikan antara school well-being dan dukungan sosial dengan kecenderungan perundungan. Pada hipotesis minor pertama menunjukan ada hubungan negatif yang signifikan antara school well-being dengan kecenderungan perundungan dan pada hipotesis minor kedua menunjukan tidak ada hubungan antara dukungan sosial dengan kecenderungan perundungan. Sumbangan efektif yang diberikan variabel school well-being dan variabel dukungan sosial dalam memengaruhi variabel tergantung kecenderungan perundungan adalah sebesar 14,7%.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | Alfi Purnamasari |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:01 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52599 |
Actions (login required)
View Item |