Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri

Marhaeni, Nafida Hetty and Andriyani, Andriyani and Rusmilah, Rusmilah Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.pdf] Text
Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Similarity Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.pdf] Text
Similarity Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah berguna untuk melatih peserta didik menghadapi berbagai permasalahan yang semakin kompleks. Bahan ajar yang belum mengintegrasikan kemampuan tersebut perlu digunakan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, masing�masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah pda materi determinan dan invers matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based
learning efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini dikarenakan LKPD berbasis problem based learning membimbing peserta didik agar mahir dalam memecahkan masalah, memiliki strategi memecahkan masalah sendiri, menjadikan masalah sebagai starting point yang dapat merangsang kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan LKPD memuat stimulasi kemampuan partisipasi peserta didik dalam tim. Hal
tersebut didukung dengan hasil analisis data dimana berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi (2-tailed) kurang dari signifikansi

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. ANDRIYANI M.Si
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:27
Last Modified: 23 Nov 2023 07:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/52658

Actions (login required)

View Item View Item