PENYUSUNAN BOOKLET HASIL PENELITIAN ETNOZOOLOGI DI PASAR SAIK KUMAI HILIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Astuti, Nurvia Dwi and Moro, M.Sc., Hendro Kusumo Eko Prasetyo (2023) PENYUSUNAN BOOKLET HASIL PENELITIAN ETNOZOOLOGI DI PASAR SAIK KUMAI HILIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Jurnal Penelitian Multidisiplin.

[thumbnail of Jurnal Nurvia Dwi Astuti.pdf] Text
Jurnal Nurvia Dwi Astuti.pdf

Download (909kB)

Abstract

ABSTRAK

Pasar Saik Kumai Hilir adalah salah satu pasar yang terletak di Kecamata Kumai dan unik karena menjual lebih banyak jenis hewan dibandingkan pasar lainnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat dan hanya dibuka pada pukul 13.00-17.00. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hewan yang digunakan untuk tradisi, jenis hewan yang memiliki makna filosofis, dan mengetahui kualitas booklet keanekaragaman jenis hewan di Pasar Saik Kumai Hilir sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X. Hewan yang dijual di Pasar Saik Kumai Hilir didapatkan 32 spesies. Hewan yang dimanfaatkan untuk tradisi adalah nila, kakap kuning, kakap merah, ayam potong, ayam kampung, dan tenggiri. Hewan yang memiliki makna filosofis adalah ikan sisa nabi yang berarti “ikan sisa setelah nabi makan” dan ikan pempirang yang berasal dari kata pirang-pirang yang berarti “banyak sekali”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet yang telah dinilai oleh ahli materi mendapatkan skor 79,86% dan ahli media mendapatkan skor 76,56% yang artinya booklet memiliki kualitas baik/menarik.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: Nurvia Astuti
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:25
Last Modified: 21 Dec 2023 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53438

Actions (login required)

View Item View Item