ANALISIS CACAT PRODUK PADA NATA DE COCO DI CV. AGRINDO SUPRAFOOD

Mayasaroh, Putri (2022) ANALISIS CACAT PRODUK PADA NATA DE COCO DI CV. AGRINDO SUPRAFOOD. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_NIM_JUDUL.pdf] Text
KP_NIM_JUDUL.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of KP_NIM_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_NIM_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nata De Coco adalah salah satu produk pangan yang dihasilkan dari proses fermentasi air kelapa. Nata De Coco merupakan produk pangan yang mudah terkontaminasi oleh bakteri. Salah satu penyebabnya adalah proses produksinya yang kurang baik. Laporan kerja praktik ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan Nata De Coco, mengetahui jenis dan ciri-ciri kerusakan pada nata, dan untuk mengetahui cara mengurangi tingkat kerusakan atau kecacatan pada Nata De Coco di CV. Agrindo Suprafood.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, perumusan masalah, wawancara, pengambilan data, dan analisa data. Metodologi pemecahan masalah menggunakan metode pengambilan sampel. Berdasarkan pengamatan pada nata internal, eksternal, dan conveyor terdapat empat jenis cacat produk pada nata yaitu adanya nata biru, nata merah, bitnik hitam, dan jamur.
Berdasarkan hasil pengambilan data selama 20 hari diperoleh hasil bahwa persentase kecacatan pada produk Nata De Coco katagori nata biru 1,40%, nata merah 0,30%, bitnik hitam 0,24%, dan jamur 0,13%. Factor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecacatan pada nata yaitu bahan baku yang kurang baik, temperature ruang inkubasi, pengasaman yang kurang tepat, kualitas starter, dan alat-alat yang tidak steril. Pada laporan kerja praktik ini dapat disimpulkan bahwa dapat diketahui Nata De Coco berbahan dasar air kelapa yang diproses melalui fermentasi dan diproduksi hingga menjadi nata, diketahui jenis dan ciri-ciri nata, dan cara menanggulangi kerusakan pada nata dengan mengukur tingkat keasaman pada nata agar selalu pada pH 2,90-3,20 supaya masa simpannya terjaga.
Kata kunci : Air kelapa, bahan baku, Nata de Coco.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Putri Mayasaroh
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:25
Last Modified: 04 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53623

Actions (login required)

View Item View Item