Manajemen Pendidikan Mutu Terpadu

sukirman, sukirman and Suyono, suyono and Santosa, Achadi Budi (2023) Manajemen Pendidikan Mutu Terpadu. Nuta Media, Yogyakarta. ISBN 978-623-8126-76-7 (EPUB)

[thumbnail of 1- Cek Plagiarisme Buku-Manajemen Mutu.pdf] Text
1- Cek Plagiarisme Buku-Manajemen Mutu.pdf

Download (20MB)

Abstract

A. Pengertian Pendidikan

Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya. sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaannya. Dengan demikian, bagaimanapun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya terjadi atau berlangsung suatu proses pendidikan. Karena itulah sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia.

Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha manusia melestarikan hidupnya. Pendidikan menurut pengertian Yunani adalah pedagogik" yaitu ilmu menuntun anak, orang Romawi memandang pendidikan sebagai "educare", yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa dilahirkan di dunia. Bangsa Jerman melihat pendidikan sebagai "Erzichung" yang setara dengan educare, yakni membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan kekuatan/potensi anak. Dalam bahasa Jawa pendidikan berarti panggulawentah (pengolahan), mengolah, mengubah, kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran dan watak, mengubah kepribadian sang anak. Sedangkan menurut Herbart pendidikan merupakan pembentukan peserta didik kepada yang diinginkan sipendidik yang diistilahkan dengan Educere. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pendidikan berasal dari kata dasar "didik" (mendidik), yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: Dr Achadi Budi Santosa
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:54
Last Modified: 10 Jan 2024 04:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/53829

Actions (login required)

View Item View Item